Monday, October 12, 2009

Jejak dari Laut



Perjalanan ke Luhu baru baru ini adalah salah satu perjalanan yang berkesan.
Hari itu, Jumat Oktober 2009 jelang sore di pelabuhan perikanan. detik, menit, jam berlalu dalam angin, dingin dan sapa ombak. Lalu dari laut, mendekatlah kapal pencari ikan. Sekitar 10 pemuda yang ikut di dalamnya merapat tanpa membawa tangkapan apapun. Ombak yang cukup membuat saya ketar ketir, tak mampu melawan kekaguman saya akan apa yang saya lihat.


Motor ikan itu tidak bisa merapat, jadi sampai di batasnya, pemuda-pemuda itu nyemplung saja ke laut dan berenang atau berjalan ke daratan. Sementara dua bapak yang terakhir turun setelah memastikan motor ikan telah tertambat dengan baik, lalu mendayung melawan ombak merapat ke daratan.

Ada yang merembesi dinding hati, betapa kehidupan yang keras telah dilalui setiap hari oleh mereka-mereka ini. Kita (saya, tepatnya) tersadar bahwa hanya bisa bicara. Hanya bisa mengatakan sebaiknya di desa itu begini dan begitu. seharusnya masyarakat begini dan begitu.

ah, bodohnya diri ini. Mereka jauh lebih kuat, jauh lebih perkasa. tak perlu diajari bagaimana memperbaiki hidup karena setiap hari yang mereka lakukan adalah memperbaiki kehidupan mereka. Lihat saja guratan di wajah, pertanda perlawanan akan keangkuhan zaman. Pertanda tabuhan genderang memenangkan hidup. Tak memilih menyerah akan kesulitan yang dititipkan Allah pada mereka.

Sejam di pelabuhan itu, sejam melihat kehidupan laut itu, aku tertunduk malu karena ternyata keras yang kupunya belum pantas membuatku layak untuk mengeluh.

6 comments:

  1. berkunjung.. hahahaha

    ReplyDelete
  2. bisa berenang feb?

    ReplyDelete
  3. gak bisa renang saya. jadi malu ngaku anak maluku yang katanya kota laut.

    ReplyDelete
  4. Cha pengalaman yg dbuat cerita memor kyk gitu, keren!
    Cocok djadiin cerita lepas!
    Sory udah lama nggak nongol2 di blog MBC, e bang almas apa kabrx ya?

    ReplyDelete
  5. Cha pengalaman yg dbuat cerita memor kyk gitu, keren!
    Cocok djadiin cerita lepas!
    Sory udah lama nggak nongol2 di blog MBC, e bang almas apa kabrx ya?

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum mbak...salam kenal.. :)
    mampir blog beta jg ya...oh iya tukeran link jg yuk...linknya mbak su beta pasang.. :D

    ReplyDelete