Tuesday, February 13, 2007

LUHU (Nice Adventure)

Bismillah.
Udah diwanti-wanti sama Ibu dari kemarin untuk banyak berdzikir di perjalanan.
Pas berangkat juga Tante dan Om Put kasi pesan yang sama. Belum pernah memang lewat darat Piru-Luhu yang kata orang, perjalanannya itu menanjak, masuk hutan, dekat jurang, gambarannya pokoknya kudu benar2 hati2 dan banyak dzikirnya.

Perjalanan Yang menyenangkan sekaligus mendebarkan.
Lewat gunung, jurang, pantai, trus liat gunung yang Subhanallah seperti permadani yang halus, sudah itu lewat pantai lagi yang dasarnya keliatan begitu bersih dan putih seperti mutiara. Belum pake acara mesin mogok, kehabisan bensin, jatuh di jembatan kayu karena licin, terjebak ujan dan malam di daerah yang penuh pohon tinggi dan kanan kirinya jurang. But, perjalanan ini
sama Papa dan Abang Nyong yang Alhamdulillah sedikit banyak bisa bikin saya merasa lebih aman. Kalo diajak lagi, saya mau ngulang perjalanan ini. Mendebarkan memang dengan tanjakan
yang tajam, jurang yang menganga, badan yang sakit karena jalan yang tidak mulus, tapi tidak sedikit ucapan Subhanallah yang bisa terucap melihat betapa indahnya Karya Allah SWT, sebuah karya yang tak tertandingi.
Sampe rumah sudah jam 8 malam, tapi langsung silaturrahim. FYI, Luhu ini kampung asalnya
kedua orang tua. Jelas, disinilah berkumpul seluruh keluarga besar. Rumah Papa ada di kompleks kampung baru, kalo rumah ibu di kompleks kampung tengah. Capek memang, tapi saya gak bisa nahan keinginan untuk silaturrahim. Ditemani Bukal, saya ke rumah keluarga di kampung tengah. Pulangnya, baru makan duren di rumah kampung baru 4 buah sebelum tidur.

Besok paginya, saya mulai kunjungan lagi kemana-mana dan ditemani Bukal. Waktu sarapan
sebelum berangkat, Tete haji (panggilan untuk kakek dari papa) sudah gak di rumah. kata orang rumah, Tete Haji sudah brgkat dari subuh ke Pohon Duren.
Nah, pas saya lagi di jalan, dari jauh saya liat seseorang dengan kaos oblong putih, celana selutut, ransel, tidak bersandal dan memikul sepotong bambu. Semakin dekat saya semakin kenal sosok itu. Ternyata itu Tete Haji.
Saya kemudian berlari menyongsongnya dan memeluknya ...


A : tete, tete dari mana?
T : Tete dari pohon durian
A : Tete sendiri? Tete ambil duren untuk siapa?
T : Ya untuk kamong (kalian, red)
A : Tete kok jalan? Kan jauh. Tete naik ojek ya
T : Seng usah, tete jalan saja biar sehat
A : Tete kenapa sih harus ke pohon duren? Mana jalan kaki lagi
T : Tadi sudah naik ojek, tapi tete minta turun. Jalan saja, kan sehat
A : Trus duriannya mana?
T : Pe satu ni (Nih, satu) * sambil nunjuk satu buah duren yang digantung di bambu yang ia pikul

Terharu banget saya dengan apa yang Tete Haji lakukan pagi ini. Hanya dengan cintalah ia mau melakukan ini, walaupun cuma sebuah duren. Duren ini saya sebut DURIAN CINTA. Setelah itu, saya tuntaskan ciuman sayang dan melanjutkan perjalanan



Setelah itu, kita ke rumah sanak saudara. Sampai di rumah abang Jab, saya makan duren 6 buah. Trus ke rumah abang Nyong, dibawain duren lagi sama Bukal. Waktu lagi istirahat, Abang Jab datang dan ngajak balik ke rumahnya. Disana, saya makan duren lagi 5 buah dan sampe malam karena diajak makan malam disana. Waktu lagi makan malam, Bang Ondi datang dan ikut makan malam. Ternyata, Bang Ondi datang itu untuk ngajak saya ke rumahnya. Disana, sudah ada Mbak Ratih dan Tante Dja yang baru tiba dari Piru. Kita makan duren 13 buah. Total hati itu saya makan duren 29 buah.

Waktu pulang tadi pagi, banyak yang nganterin ke jembatan Luhu. Trus, mereka rame2 kasi duren. Tante Ani, Tete Ma'i, tete Haji, Bukal, Mama Nona, Om Isun, Bibi Ece, Nenek Pama, yang kami (Saya, papa, Tante Dja, Mbak Ratih, dan Kak Ida) bawa sejumlah 2 karung dan 3 karton. 
Total 30 buah duren. Musim ini, saya puas banget makan duren. 

Tete Haji ikut nganter ke Jembatan. FYI, beliau satu-satunya kakek kandung yang masih ada. 
Kakek Nenek dari pihak Ibu dan Nenek dari pihak Papa sudah gak ada. Thats why, entah kenapa, belakangan ini saya sering memikirkan Tete Haji dan ingin lebih berlama-lama dengan beliau. Dan DURIAN CINTA beliau itu saya jadikan pemimpin bagi 30 duren yang saya bawa pulang ke Ambon. Makasih ya Tete Haji. Makasih juga untuk semua keluarga yang sudah begitu hangat menerimaku

ps : Ambon-Luhu 3 jam perjalanan 1 jam darat ke Hitu dan 2 jam perjalanan laut ke Luhu

No comments:

Post a Comment