Wednesday, February 09, 2011

(97) modul sistem peringatan dini

hari ini kembali digelar sosialisasi modul sistem peringatan dini berbasis komunitas. kegiatan lanjutan kerjasama PTD (Peace Through Development) kab Seram Bagian Barat dengan Institut Tifa Damai Maluku menghadirkan beragam unsur komunitas. Mulai dari kepolisian, koramil, tokoh agama, tokoh masyarakat, raja raja, pemuda, komunitas adat, eksekutif, legislatif dan LSM.

acara berjalan dengan lancar dan atraktif. semua pihak telah mengenal dan sukacita dengan kehadiran modul. namun ada yang masih mengganjal di hati saya. peer masih banyak. bagaimana lebih banyak lagi komunitas yang tahu tentang sistem peringatan dini ini. bagaimana menyebarkan semangat perdamaian di hati semua orang. membentuk sel sel damai di setiap lini juga menjadi agenda penting.

apalagi jelang pilkada 3 bulan lagi, suhu politik yang memanas mungkin saja menular pada suhu interaksi masyarakat. banyak yang perlu disiapkan untuk ketahanan masyarakat agar damai terus. atau paling tidak, bisa mendeteksi gejala konflik sedari dini.

besar harapan saya, banyak pihak bisa tersadarkan dan mulai menanam saham perdamaian, tanpa kekerasan.

No comments:

Post a Comment