Tuesday, February 15, 2011

(103) Precious



Baru saja menonton film "Precious" di HBO. Film yang dibintangi oleh Gabourey Sidibe, Mo'Nique, Paula Patton, Lenny Kravitz, Mariah Carey, Sherri Shepherd.
Dikisahkan bahwa Claireece 'Precious' Jones yang diperankan oleh Gabourey Sidibe adalah seorang gadis yang tak diharapkan kelahirannya. Dalam usia 16 tahu, ia telah memiliki 1 anak dan sedang mengandung anak kedua. Kedua anak tersebut dia kandung setelah diperkosa oleh ayah kandungnya sendiri. Itu pula yang membuat setiap hari dia mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari ibunya.
Gadis berkulit hitam dan berbadan besar ini menjalani masa masa suram hidupnya, dengan menerima tekanan dari rumah maupun di sekolah. Tak ada seorang pun yang mau berteman dengannya. Suatu saat, Precious terancam dikeluarkan dari sekolah kecuali ia mau mengikuti program khusus satu guru untuk satu siswa. Di bawah bimbingan Ms Rain (Paula Patton, Precious berhasil melewati masa-masa kelamnya.

Saya ingin fokus pada lingkungan sekitar. Procious sebenarnya punya tekad yang kuat untuk maju tapi lingkungan di sekitarnya yang selalu menghujani dia dengan kata-kata negatif. Rendah diri kadang muncul dari situ. Lingkungan adalah salah satu faktor seseorang bisa berubah atau tidak. Meski semua kontrol ada pada diri sendiri, tetap saja kita harus mencari lingkungan yang "sehat" sebagai tempat kita berkembang. Untuk itulah, saya selalu memprotect keponakanku, Naya, untuk tak mendengar kalimat negatif dari lingkungan sekitar. Kalimat-kalimat yang bernada menjatuhkan. Karena dia harus tumbuuh di lingkungan yang positif, lingkungan yang mendukung di auntuk tumbuh kembang menjadi generasi yang berkualitas.

Mari kita biasakan kalimat-kalimat positif terhadap siapapun, ciptakan lingkungan yang sehat dimanapun kita berada.

gambar dari sini

No comments:

Post a Comment