Monday, November 20, 2006

Nikah, Tema favorit MinGGU Ini

Bismillah…
Belakangan ini kenapa topik tentang pernikahan itu banyak banget peminatnya. Bahkan kalo gak nyambung juga disambung-sambungin.
Macam pagi tadi. Niatnya teman-teman tuh datang silaturrahim ke kos. Pas ngobrol-ngobrol dan biasalah, nanya nanya kesehatan gitu, tiba-tiba aja one of them nyeletuk “aku tau bi, obatnya tuh nikah. Banyak lho yang sakit ini lah sakit itu lah, setelah nikah, malah sembuh”

Aduh, please deh. Gak gitu kali aturannya. Mana ada orang sakit obatnya nikah. Liat liat sakitnya dulu dong. Gak solutif banget deh. Gak kreatif. Kalo kayak gitu, apa kabar pak dokter tuh.

Masak apa-apa, solusinya itu. Dicurhatin masalah kerjaan, solusinya nikah, urusan kuliah, nikah juga sarannya, urusan amanah dakwah, lagi-lagi ke nikah. Mana bisa dipukul rata kayak gitu. Emang kalo nikah, abis gitu masalahnya, nguap gitu aja? gak banget kan.

Kalo nikah itu dipikir udah bisa nyelesein semua masalah, mending jangan nikah dulu deh karena itu berarti belum matang. Berani nikah itu berarti berani susah juga karena isinya pernikahan tidak melulu suka. Jadi kalo dibilang semua bakal selesai dengan nikah, eits nanti dulu. Nikah itu harus siap dengan suka dukanya, bukan cuma perkara suka. Siapa sih orang yang gak siap terima kebahagiaan, kesenangan? Yang susah tuh kalo tiba-tiba dihadapkan pada masalah, nah, kuat gak, siap gak? Kalo gak ada saran yang lebih pas, mending juga diam aja daripada ngawur, asal, gak jelas gitu.

Pengen banget bilang “bisa diam gak sih?” (heran, penting gak sih “nyolot-nyolot” untuk urusan ini), tapi sebelum diucapin, mereka udah nantang “ya udah, kita yang cariin. Nanti buktiin sendiri setelah nikah”

What??? Apa-apaan tuh tadi. Gak usah repot-repot deh. Tidak…tidak…tidak !!!!!!

Biar gak keliatan kalo aku panik ditawari kayak gitu, Kutantang balik aja “Ya udah, tapi syarat utamanya HARUS MAU MENETAP DI AMBON”
*sambil tertawa menang, susah tuh pasti nyarinya. Biarin, kalian yang ngajuin diri kan*

Wajahnya pada berubah tuh. Kalo di film kartun, imajinasiku otak mereka lagi kayak pakaian abis dicuci, diperas buat mikir. Makanya jangan coba-coba nantangin eby. Makasih ya para akhwat yang entah kenapa tiba-tiba jadi centil semua. Bukannya ilfil sama ginian, tapi penting gitu ngomongin sekarang? Amanah tuh dipikir, udah kelar belom?

Itu tadi baru sama anak2 dari pusat, sorenya pas ketemu yang dari arah selatan, eh sama aja. Pesan-pesannya gak jauh-jauh dari urusan nikah. Please deh, yang lain kayaknya banyak deh yang lebih urgen untuk diobrolin.

Sama sekali bukan maksud untuk menentang lembaga sakral itu, cuma ada kali ya waktu untuk itu. So gak usah dibikin jadi obrolan setiap saat gitu deh. Masalah kader, masalah amanah, masalah tarbiyah, masalah ruhiyah, masalah kuliah atau cari maisyah kayaknya lebih tepat untuk dijadikan obrolan. Lebih penting dan bermanfaat. Sekali lagi bukan berarti saya menganggap bicara tentang pernikahan tidak penting dan tidak bermanfaat, tidak, sama sekali tidak. Saya hanya merasa bahwa ada-lah waktu untuk membicarakan itu. Untuk saat ini, apa itu menjadi begitu penting untuk diangkat menjadi tema dimana-mana? Gak kan?

Santai aja kali. Sudah ada Allah yang ngatur dan gak mungkin salah kok.

No comments:

Post a Comment