Friday, August 18, 2006

GAK PAKE LAMA

Belakangan ini lagi populer banget kalimat “gak pake lama” dalam pembicaraan atau sms. GPL, gitu kata orang-orang. Dan aku, orang yang tidak suka dengan kata-kata itu. Jangan harap deh aku bakal merespon sms yang masuk padaku dengan akhiran itu. Malah bikin aku jengkel dan semakin tidak ingin membalas.

Kalimat GPL menempatkanku di tempat yang tidak bia mengendalikan kapan aku harus membalas sms, atau perlu tidaknya aku membalas sms. Dan aku gak suka. Aku yang menentukan iya dan tidak aku melakukan sesuatu termasuk membalas sms.

Suatu kali ada pesan masuk dengan nomer yang tak kukenal, isinya begini : “afwan, anti itu kakaknya aisyah ya? balas gak pake lama”. And you know what? Sms itu tidak kubalas sampe saat ini, bahkan langsung aku hapus begitu selesai kubaca. Itu kejadian sekitar 8 bulan yang lalu. Kenapa? Yang benar saja, seseorang yang tak kuketahui siapa, tiba-tiba saja sms menanyakan keluargaku tanpa tau apa maksudnya dan mendikteku untuk segera membalasnya. Padahal yang terpenting justru dalam sms itu, sertakan nama pengirim. I ignore that sms.

Tadi malam terulang lagi, seorang muridku meng-sms-i meminta tolong dicarikan tempat untuk PKL. Pas baca, niatku sudah mau balas, tapi pas di akhir sms ada tulisan “balas gak pake lama”, maka aku pun tidak membalasnya. Kata GPL menurutku adalah kata yang tidak menunjukkan penghargaan kepada orang lain. Menunjukkan bahwa di dunia ini yang penting adalah kepentingannya saja, maka apapun yang sedang kau lakukan, ada atau tidakada pulsa, kamu kudu balas sms GAK PAKE LAMA.

Suatu kali, pertengahan bulan juli, seorang adek di kost sms dan diakhiri kalimat “balasnya besok pagi aja”. Aku jelas bingung dengan kalimat itu. Pas pulang, aku tanya, maksudnya apa. Jawabnya gini :
“Mbak kan gak suka kalo ada yang sms dengan GAK PAKE LAMA. Jadi ya tak tulis besok pagi aja, maksudnya lama-lama balasnya juga gak apa”. Padahal itu sms penting lho menurutku :-)

Buat teman-teman yang tidak kubalas sms-nya karena kata GPL, aku minta maaf. Gak usah pake kata GPL untuk menandakan sms kalian penting. Aku insyaAllah akan balas sms tanpa harus pake GPL. Kata BLS atau BLS ASAP sepertinya lebih nyaman aku dengar. Lagian, kalo sms kalian benar2 penting, gak perlu pake GPL juga pasti dibalas kok, kalo ada pulsa maksudnya. Jadi, jangan pake kata itu lagi ya kalo sms aku, I don’t like it.

No comments:

Post a Comment