Tuesday, August 22, 2006

Hak Yang Terabaikan

Bismillah..
Kumulai hari ini dengan aksi protes dari mana-mana, dari orang-orang yang merasa selama ini telah kuabaikan. Papa dan ibu telpon, dan mempertanyakan kenapa aku gak pernah telpon ke rumah, maunya ditelpon aja. Padahal orang rumah kangen ditelpon. oh ya, papa selasa besok ke Jakarta, moga aja pulangnya bisa mampir Surabaya. Habis itu, aku dapat sms dari tante di Gresik, ngomel2 aku gak pernah nengokin tante lagi, balas sms juga gak. Aduuh, feeling guilty nih.
10 menit kemudian, aku ditelpon sama om di dukuh kupang dan keluarga di manukan. Sama, merasa gak pernah aku datangin lagi. Eh, pas lagi terima telpon mereka, sms bunyi lagi dan isinya dari keluarga di malang yang protes aku juga gak pernah kesana padahal sekarang ini aku harus ada disana, ada masalah yang harus aku ikut selesaikan. Puyeng..puyeng.

Aku teringat beberapa hari yang lalu saat pulang ngajar. Depan pintu kost, ada kertas yang aku tempelin untuk teman2 ninggalin pesan kalo aku gak ada. Sore itu pas pulang, ada pesan di kertas tersebut. Isinya "Ca, ingat dong kalo ada adek di rumah". Itu pesan dari dek ega, adik kandungku sendiri yang baru 1 minggu nyusul ke Surabaya. Waktu itu rasanya bersalaaaah banget. Pas buka pintu kamar, dia sedang tidur. Aku jadi ingat kalo sering juga mengecewakan dek eya, adekku yang sekarang lagi pulang liburan. Dia sering protes katanya aku lebih sering mikirin kerjaan luar ketimbang adek2 di rumah. Beberapa kali aku membatalkan janji sama dia karena ada panggilan amanah mendadak. Kemarin, dek ega minta aku anterin ke Tante di Gresik, juga ke Solo silaturrahim ke keluarga sana. Aku bilang gak bisa dan dia kelihatan kecewa banget. Dia cuma diam dan tidak berbicara apa-apa lagi. Bahkan sekarian kemarin dia hanya tidur menghindari bicara sama aku.

Maka, disinilah aku sekarang. Di rumah tante setelah tadi tante menelpon sampe hampir nangis karena udah lama gak ketemu kita, apalagi sekarang ada masalah yang harusnya aku juga ada untuk menghadapinya. Aku emang sudah 3 bulan gak kesana. Besok, insyaAllah mo ke malang trus lanjut ke solo-jogja beresin yang harus diberesin sekalian silaturrahim, menunaikan hak-hak mereka yang selama ini aku abaikan.

Buat saudara-saudaraku di LDK : Afwan ana gak bisa bantu sambut MABA. Ada hak yang belum ana tunaikan. Ana gak punya waktu lagi selain sekarang karena setelah ini, sudah ada 3 deadline yang ana selesaikan sampai 2 minggu ke depan. Jika kepergian ini ana tunda hingga 2 minggu, ana akan menjelma menjadi orang yang paling dzhalim yang mendzhalimi keluarganya dengan sangat teganya. Afwan

Buat saudara2ku aktivis : Diingat ya hak keluarganya. Jangan kayak aku yang diingetin dulu baru sadar bahwa gak seimbang menunaikan hak

n.b : O iya, aku punya pin baru. Pin berbentuk lumba-lumba. Aku banget deh.

No comments:

Post a Comment