Wednesday, October 04, 2006

30 menit tak terduga

Bismillah..
Selama aku duduk di bangku kuliah, sudah ada 4 kali pergantian ketua Jurusan Teknik Elektro.

Tahun pertama aku masuk, kajurnya Pak Djohani. Waktu beliau jadi kajur sih, aku gak dekat-dekat amat. Soalnya pak Djo, panggilan akrab beliau, ngajarnya semester akhir gitu. Tapi kalo ketemu di jurusan, beliau selalu lempar senyum bijaknya. Kenangan sama pak Djo sampe sekarang tuh baek semuanya. Sekarang sih pak Djo udah pensiun. Tapi sejak aku kenal sama beliau karena ambil kelasnya, dosen ini masuk jadi salah satu dosen favoritku. Beliau tuh bijak banget. Kalo aku sih menggambarkan pak Djo dengan kalimat "dosen Yang Dekat Di Hati". Cieee. Abis baek banget sih. Aku sering dibantu. Diskusi sama beliau tuh enak banget. Rendah hati dan gak pernah nunjukin kalo beliau tuh pintar banget padahal aslinya emang OKS BANGET!!! Kalo ketemu beliau tuh, aku belum negur, beliau udah negur duluan, udah nyapa nama kita duluan. Rendah hati banget deh. Aku cinta banget sama Pak Djo. Sayang, pak Djo-nya udah pensiun jadi gak pernah ketemu lagi. Niatanku sih, suatu saat pengen maen ke rumahnya

Kajur kedua, Pak Bambang Riyanto. Gak banyak yang aku tau tentang beliau. Sebatas aku tau beliau, beliau tau aku. Udah, itu aja. Kalo ketemu juga, kadang aku pura-pura gak lihat dan akhirnya gak nyapa. Gak ada kenangan buruk sih, tapi juga gak ada yang begitu membekas. Jadi ya biasa aja. Ketemu atau masuk di ruangannya ya sebatas kalo ada kepentingannya saja. Begitu selesai, ya sudah

Kajur ketiga, Pak Slamet. Waktu pak Slamet jadi kajur, gak beda sama pak Bambang. Biasa aja. Kayaknya aku malah gak pernah deh sampe masuk ke ruang kajur selama pak Slamet jadi Kajur. Emang gak ada kepentingannya kok

Kajur keempat alias kajur sekarang, balik lagi ke Pak Bambang Riyanto. Baru beberapa bulan ini beliau kembali ke posisi itu meninggalkan posisi Kepala Lab Mesin Elektrik yang digantikan oleh Bu Kotima. Gak ada yang berubah dari kesanku terhadap beliau hingga suatu hari aku menerima sebuah sms dari koordinator skripsi kalo Pak Bambang mo ketemu. Aku diminta ke Jurusan siang itu. Sebenarnya waktu itu aku bisa saja ke kampus, berhubung mata gak bisa diajak kompromi, pengen bobo siang, jadi sms itu kubalas dengan gak bisa dan buat janji untuk menghadap ke beliaunya hari Senin 25 september 2006.

Sebelum senin, otakku gak habis-habisnya mikir ada apa pak bambang mencariku. Selama ini aku gak pernah punya urusan sama beliau. Demi menjawab rasa penasaran juga khawatirku, kutanyakan hal itu ke bu titik, koord skripsi, via sms. Dan dibalas bahwa pak bambang ingin membicarakan tentang skripsiku. Jantungku tambah cepat debarannya. Ada urusan apa ya sampe beliau mau ngobrol? Urusan skripsiku kan gak ada hubungannya sama beliau. Sempat khawatir, jangan-jangan ada masalah dan aku gak boleh ikut wisuda desember nanti. Terbayang sudah wajah ibuku. Tapi kata bu titik, gak ada masalah apa-apa. Beliau hanya mau ketemu eby aja, gitu katanya.

Maka bismillah, hari rabu 27 september 2006 (molor 2 hari dari perjanjian, karena kumat), kulangkahkan kaki ke jurusan sepulangku dari rumah sakit. Di jurusan, bu narti, salah satu staf jurusan, sampe pangling liat aku saking lamanya gak pernah muncul di ruang itu lagi. Diantar bu titik, aku masuk ke ruang pak Bambang yang sebenarnya sedang waktu istirahat. Setelah bu titik keluar, beliau memulai percakapan denganku.

Ternyata saudara-saudara, saat itu beliau tampil like my father. Pembicaraan kami beliau buka dengan menanyakan perkembangan keadaanku. Entah mengapa sakitku kali ini cepat banget beredar. Sampe-sampe beliau mau matiin AC di ruangannya karena liat aku kedinginan padahal pake jaket udah kenceng banget. Setelah itu menanyakan kabar skripsiku dan memberi aku semangat yang sepertinya mampu membuat aku terbang karena diberi dukungan seperti itu oleh beliau. Pembicaraan tentang skripsi hanya 5 menit. 25 menit tersisa, banyak nasehat yang beliau berikan padaku.

"Feb, sakit itu Allah yang beri. Kamu mo ke dokter secanggih dan sehebat apapun, kalo Allah gak mau menyembuhkan, ya kamu gak akan sembuh. Saya sudah merasakan semua penyakit. Jantung sudah, paru-paru sudah, liver sudah, tapi lihat saya sekarang. Saya baik-baik saja. Saya memang ke dokter tapi obat yang paling mujarab yang menyembuhkan saya itu satu, Tahajjud. Kamu tahajjud, minta sama Maha Penyembuh. Obatnya tuh cuma dari Allah, udah, gak ada lain. Bersihkan hatimu. Buang semua benci dan gak suka ke orang lain. Maafkan kesalahan orang lain. Jalani hidupmu dengan lebih tenang, jangan putus meminta dan berharap, insyaAllah kamu sembuh"

Pesan beliau itu menyejukkanku. Tak kusangka seseorang yang selama ini tidak begitu dekat di hatiku, seseorang yang kutempatkan sebagaimana banyak orang yang datang dan pergi begitu saja dalam hidupku, ternyata memperhatikan dan memberiku nasehat sedalam itu.

"Sekarang, kamu rawat dan jaga dirimu agar segera diberi kesembuhan oleh Allah. Setelah itu, fokus ke apa yang harus kamu lakukan. Bapak mendukungmu. Bapak akan bantu sebisa bapak. Bapak yakin kamu bisa. Bapak sangat yakin kamu bisa. Bapak tunggu kabar bahagia dari kamu ya Feb"

Kata penutup percakapan itu membulatkan tekadku untuk membuktikan bahwa keyakinannya padaku tidak salah. InsyaAllah Allah bersamaku

Buat Pak Bambang, terimakasih atas 30 menit yang tak terduga itu.

1 comment: