Wednesday, December 06, 2006

Belajar Kesabaran

Tadi pagi pas naik bemo, rasanya tuh lamaaa banget. Lyn-nya jalannya kayak keong gitu. Padahal pekan ini tuh gak pengen banget telat masuk sekolah. Seperti yang sudah kuceritakan sbelumnya kalau ini tuh pekan terakhir bersama kelas 2TPF2, kelas spesialku. Ingin rasanya protes sama pak supir yang duduk di sebelahku (yang ada kamu lagi bhy, yang duduk di sebelah pak supir). Sudah sih protesnya Cuma dalam hati “ini supir kok lama banget sih jalannya”

Sampai pas sudah mau nyampe tempatku turun, beliau bilang asmbil melihatku
“ini sebenarnya nang endi kabeh to penumpange mbak?”
Aku cuma senyum aja, dan dalam hati menjawab “sabar aja pak, rezeki gak kemana”
Pas turun, aku mikir dan alhamdulillah aku gak jadi bilang kalimat itu. Kayaknya salah banget kalau aku harus minta bapak itu untuk bersabar. Kurang sabar apa beliau yang mau menjalani hidupnya sebagai pak supir dengan penghasilan yang tidak tetap demi anak istrinya. Bagaimana bisa aku punya pikiran mengajarkan konsep tentang rezeki yang selama bertahun-tahun hidup mengais rezeki dari mengemudi untuk kemudian menerima berapapun besarnya hari itu tanpa bisa protes. Mau protes juga kemana, iya kan?

Aku, bertahun-tahun ini aku disuplai terus sama orang tua. Bahkan sampai aku sudah punya penghasilan sendiri pun, aku masih saja didanai orang tua. Aku bahkan boleh kerja sekarang juga karena sudah selesai kuliah, itu aja pakai acara bujuk rayu dulu. Saat masih kuliah semester 3 gitu, ada pekerjaan yang ditawarkan. Kebetulan papa lagi nengok aku di surabaya saat itu dan izinnya kuminta, aku ingat banget saat itu di taxi saat papa jemput aku pulang dari kuliah, papa diam lama hingga akhirnya bilang “gak apa eby kerja. Tapi papa masih bisa kuliahkan eby, jadi ya….”. Papa tidak menghabiskan kalimat itu tapi aku sudah tau lanjutannya. Saat itu kalau aku terima tawaran kerja tadi mungkin akan melukai hatinya.

Maafin saya pak supir yang sempat punya keinginan untuk protes dengan lambannya engkau mengendarai bemo itu, padahal itu hanya usahamu untuk mencari rezeki. Tak perlu pula kuajari engaku bersabar dan yakin akan rezeki karena aku tau engkau sudah paham bahkan sudah mengaplikasikannya. Terimakasih ya pak untuk pelajaran hari ini

Nb :
Dunia tuh kecil ya. Tadi siang niatnya ke klinik gigi untuk ganti komposit. Ndilalah, mahasiswa yang ngerawat aku tuh pas ngobrol-ngobrol ternyata sekolahnya di makassar juga, anak SMA 1 di jalan bawakaraeng. Jadi deh ngobrolin makassar lagi.

No comments:

Post a Comment