Thursday, December 07, 2006

my BeLOvEd BrOtheR

Amha namanya. Nama panggilannya sih. Nama aslinya ramadhan. Lahirnya pas bulan ramadhan kali ya. Sekarang kerjanya di dunia timika sana sejak 4 tahun lalu. Amha itu teman STM-ku, teman baik, brother of life-ku di makassar. Cuma amha yang bisa bikin keluargaku mau bangunin aku jam 12 malam pas lagi lelap-lelapnya tidur hanya karena dia bertamu dan pas ditanya ternyata dia laper. Maka jadilah dia kutemani makan di warung tetangga yang masih buka jam segitu.

Kami dekat sejak cawu 2 kelas 1 STM. Feel complete aja sobatan sama dia dulu. Mungkin karena aku gak punya kakak kandung cowok kali ya. Kalo sepupu mah segudang. Beneran, aku gak hiperbolis bilang kalo dia tuh make me complete waktu dulu. Teman-teman juga udah tau banget kalo kami tuh udah kayak kakak adik beneran makanya gak pernah sampe ada gosip-gosip tidak menyenangkan. Aslinya juga gitu. Gak ada ceritanya from friend to love. Justru aku yang sering kompor-komporin dia dengan teman-teman cewekku dan dia balas manasi dengan kandidat-kandidat yang dia tawarkan. Setiap cewek yang “deket” sama dia juga gak ada tuh acara cemburu-cemburunya sama aku. Bahkan kalo mau tau gimana ngadepin amha, konsulnya ke aku.

Meskipun kami sering bertengkar atau diam-diaman tetap aja kami gak bisa lama-lama jauhan. Selalu aja ada cara untuk kita baikan tanpa harus meminta maaf atau mengurai kembali tadi tuh kenapa dan siapa yang salah. Masih ingat banget pas kita marahan, lupa juga karena apa. Sudah 2 minggu kita kita nggak sapa dan honestly itu nyiksa banget. Hari itu satu hari sebelum aku berangkat pulang ke ambon lebaran tahun 1999. Pagi hari emang aku udah feeling blue. Rasanya nyesel kenapa sampe sekarang kita belum baikan sementara besok tuh udah mau pulang kampung alias mudik. Pas istirahat, dicariin dianya malah gak ada. Ternyata pas mo pulang, tiba-tiba aja dia udah muncul di depanku ngasih satu bungkusan gitu dan bilang “besok berangkatnya hati-hati ya” sambil ngusap kepalaku dan pergi gitu aja. Pulang, ternyata isi bungkusan itu adalah dua kemeja dia yang sering dia pake. Satunya warna biru dan satunya garis-garis warna pelangi gitu.

Satu kali kita marahan lagi for one reason. Waktu lagi semangat-semangatnya buat nyueki dia, ceritanya lagi kecewa banget karena dia duluan yang marah-marah gak jelas tanpa mau dengar pembelaanku. Tiba-tiba dia lewat depanku karena memang di kelas aku duduknya di tengah dan dia di belakang banget, lewatnya sambil batuk gitu. Spontan aku nangis dengar dia batuk gitu. Karuan aja 6 sahabatku datang mengelilingi dan ngomel-ngomel kenapa aku harus nangis. Terang aja aku nangis karena dia tuh sakit dan aku gak bisa ngapa-ngapain. Marahan yang ini lumayan lama, ada kali sebulan. Tapi ya sudah, semuanya bisa going normally again.

Atau juga pas kita sama-sama banggain jagoan kita masing-masing. Dia dengan beckham dan MU-nya dan aku jaman dulu tuh sama batistuta dan fiorentina&roma-nya.

Masih banyak lagi potongan-potongan cerita tentang kami yang di aku sudah jadi sebuah gambar raksasa indah. 6 tahun aku gak ketemu sejak lulus, tapi ruangan dia masih ada dalam hidupku, masih sangat kuat dan bersih bangunan rumah itu.

Tadi pagi, pengen aja ngobrol-ngobrol sama dia sambil denger kekonyolan dia yang gak pernah berubah. Awalnya sih aku yang telpon sekitar semenit gitu. Trus ditutup biar amha yang telpon aja. Dan kita ngobrolnya satu jam. Pas ditelpon tadi tuh anak masih tidur. Dasar kebo, dari dulu gitu-aja gak ada bagus-bagusnya. Tadi tuh sudah jam ½ 6 dan di timika berarti sudah ½ 8 pagi. Bayanganku tuh anak lagi siap-siap berangkat kantor jam 8, ternyata masih aja kencan sama selimut dan bantal, ngakunya abis nonton champion. Dasar kuda...

Macam-macam obrolannya, tentang masa kini dan nanti (halah). Provokasi-provokasi gitu biar segera melepas status tapi tuh anak masih lempeng-lempeng aja. Ya sud, aslinya sih pengen banget aku dapat undangannya tapi ya seperti kata amha tadi “serahin ke Alah aja. mungkin memang belum waktunya”. Waktu semua teman-teman cowok yang sudah nikah saya sebut biar dia terprovokasi, ternyata dia Cuma bilang “gak apa biar yang lain dulu aja. Saya belakangan. Saya senang kalo teman-temanku bahagia”. Terharu gue, walau aku tau omongannya tadi gak serius-serius amat, biar keliatan wise doang.

Ada yang bilang Sahabat sejati tuh orang yang ketika kau duduk berdua dengannya dalam diam tapi setelah kalian berdiri, rasanya seperti kalian sudah bercerita banyak. Persahabatanku sama amha rasanya seperti itu. Aku gak perlu cerita banyak sedetail mungkin tentang apa yang ada di pikiranku, ia sudah tahu. Tanpa harus aku bilang dia tahu aku sedang marahkah, senangkah, sedihkah, kecewakah, gelisahkah dan kah kah yang lain. Aku pun begitu. Terlalu banyak yang dulu kami bagi bersama.

Hanya aku dan amha yang tahu kita lagi serius atau bercanda. Kadang orang melihat kami sedang bicara dengan nada dan pemilihan kata yang serius tapi sebenarnya kami sedang becanda. Atau kalo kami seperti becanda, nyatanya sedang serius. Hanya kita yang benar2 tau. Seperti tadi, pas kita lagi ngobrolin sesuatu dan aku bilang “dengerin dulu mha”, dia bilang “eby yang harus dengar amha. Selama ini amha terus yang dengar eby. Giliran eby dong yang dengar amha. Kapan sih eby bisa dengar amha?”. Kalau dari bahasa dan cara penyampaiannya, sepertinya serius dan dalem, tapi itu asli becanda. Abis itu ngakak bareng dan mulai ngocol lagi.

Pembicaran tadi tuh sampe 1 jam. Itu aja aku yang minta tutup karena capek untuk ketawa lagi kalo diterusin. Apalagi kita mau beraktivitas masing-masing.

Sejak STM sampe saat ini, amha selalu bisa bikin aku ketawa.
Mhax, beloved brother of mine, eby doain kamu sukses dan dapatkan apapun yang kau inginkan. Semoga hidupmu selalu diterangi Allah.


Berdiri dari kanan : Armand, Haslan, Ade, Wahyu
Tengah dari kanan : Ical, Budi, DJ
Depan dari kanan : BK, Amha

No comments:

Post a Comment