Tuesday, December 26, 2006

Cucu Saya...

Guess what? Tak disangka, saya tuh ternyata punya saudara yang dari kecil banget gak pernah ketemu. 3 months ago, mbak Ratih bilang kalo di klinik tempatnya jaga tuh, adminnya cewek marganya Waliulu juga. Usut punya usut, ternyata dia itu masih ada hubungan saudara sama saya dari garisnya papa. Sempat sih dijelasin sama tante, silsilahnya begini begini, tapi kok susah banget nyangkut di memori saya lantaran udah segitu mbuletnya.

Nah, hari ini tuh, tadi pagi kita ketemuan for the first time di rumah Om di Dukuh kupang. Mbak Ratih dan mbak Tini (kanan) berangkatnya dari klinik sementara saya dan my cousin Lely berangkatnya dari driyo. Kesan pertama : Cantik, pendiam, tenang. Masih kagok kali ya.
Pas ketemuan, saya yang rada-rada aneh gitu, bingung mau ngomong apa. Jadi, saya ngeloyor aja ke belakang dan meminta penjelasan dari om (halah).

Kata om gini : “Kalo dari ibu, agak jauh dan muter. Tapi gini deh, bla bla bla bla.”
Saya : “Gak mudheng om. Bisa lebih sederhana gak? Kata Tante, saudaraannya itu dari pihak papa”
Om dengan semangat 45 : “Dari ibu sebenarnya juga ada tapi memang sudah jauh dan hampir tak tedeteksi lagi. Hitungannya gini, kakeknya Tini itu terhitung masih ponakannya ibumu”
Saya yang bengong : “Ibu tua dong. Kalo ibu itu tante kakeknya Tini, berarti kan aku sepupunya kakeknya Tini. Aku neneknya Tini dong. Whaa, cucuku sudah sebesar itu?”
Om sambil terkekeh : “Kira-kira begitu. Tapi nenek dan cucu itu juga gak langsung. Hitungannya sudah berapa kali”
Saya yang cemberut : “Mo berapa kali kek, tetap aja aku nenek kan? Dari papa aja deh Om, biar enak”
Om masih bersemangat : “Kalo dari papa, papanya Tini itu sepupunya itunya ininya lalalanya papa kamu”
Saya yang tetap gak nyambung : “Aduh, emang sih gak sampe kakek nenek, tapi tetap aja bikin bingung”
Saya lagi yang pasrah : “Udah deh Om. Intinya saya panggil dia apa dan dia panggil saya apa?”
Om : “Adekmu”
Saya dengan helaan napas panjang : “Ya sudah. Selesai. Tapi gak enak manggil adek. Manggil mbak Tini aja. Lagian usia kita juga sama”

Pulangnya saya dijelasin (lagi) sama kak Lely kalau Tini itu sepupuan sama Nada. Nada itu nikah sama adik sepupunya Papa saya. Jadi dari hubungan pernikahan itu, hitungannya Nada itu tante saya dan Tini berarti Tante saya juga karena iparnya Om saya kan? Berhubung Om dan Tante Nada itu sudah pisah, jadinya gimana lagi dong?

Udah ah, pusing saya mikirnya. Ketemu sama Mbak Tini yang sejak lahir sudah dibawa kembali ke Ponorogo aja sudah bikin saya senang. Ayahnya mbak Tini itu satu suku sama saya sementara ibunya asli Ponorogo. Pulang dari Dukuh Kupang, mbak Tini mampir di rumah Driyo. Tante aja sampe sedih dan nangis ketemu dia, jadi kayak adegan di sinetron deh.
Mbak Tini, Welcome home……

No comments:

Post a Comment