Thursday, December 14, 2006

BagiAn PeLAyaNAn

Alhamdulillah...
Udah kelar daftar wisuda. Cuman rada bete dengan pelayanan dua hari ini. Entah kenapa saya memang selalu bermasalah dengan orang-orang yang ada di bagian pelayanan.

Kemarin pas ke perpus, CD TA yang saya kumpulkan katanya harus pake tempat, padahal di jurusan bilang gak usah, diplastiki aja. Pengalaman teman yang sudah pernah ngurus juga gak usah ditempati, justru gak diterima. Ini yang benar yang mana sih. Memangnya di perpus itu setiap staf punya kebijakan sendiri ya. Heran...
Sudah gitu, pas mau tanda tangan berita acara di perpus, terjadilah dialog yang lumayan seru

Mas Perpus 1 (MP 1) :"Kartu perpusnya mana mbak?"
Saya (S) : Hilang mas
MP 2 : Lima ribu ya mbak
S : Iya (sambil merogoh kantong)
MP 1 sibuk mencari kartu data saya di perpus dan ternyata gak ada. MP 2 sibuk ngetik salinan berita acara saya

MP 1 ke MP 2 : Gak ada datanya
MP 2 ke S : Ditulis mbak, namanya di situ **sambil nunjuk buku besar dihadapan saya**

Di kolom keterangan saya tulis HILANG, Kolom Biaya saya tulis 5000.

MP 2 nyerahin berita acara yang sudah kelar diketik. Saya nyerahin 5000 yang sedari tadi disiapin
S : ini mas **nyodorin duit**
MP 2 : Lho, gak usah. Sampeyan tulis apa disitu?
S : Hilang
MP 2 :Tulis aja TIDAK JADI ANGGOTA
S : Saya anggota kok mas, dan kartu saya hilang
MP 2 :Tapi kartu data disini punya mbak tuh gak ada. Tulis aja TIDAK JADI ANGGOTA

**dalam hati : Sip, gak jadi ngeluarin 5000, tapi kerjain ah**

S :Gak bisa gitu dong mas. Saya anggota kok dibilang tidak jadi anggota. Masa bertahun-tahun saya kuliah gak jadi anggota perpus, rugi saya mas
MP 2 : Mbak, mbak. Udah sampeyan tulis aja
S : Gak bisa. Saya harus diakui jadi anggota. Udah, ini 5000-nya
MP2 : Tapi kartu datanya gak ada disini
S : Berarti hilang juga dong. Ya sudah
Dan saya pun ngeloyor pergi sambil teriak :Monggo mas, Makasih....
Dan melihat dari mata semu para MP itu geleng-geleng kepala

Senyum-senyum turun ke PR 2 nyerahin berita acara itu bersama segala kuitansi-kuitansinya, dan disuruh kembali besok. OK, i'll be back tomorrow

Besoknya, tepatnya barusan, saya ke PR 2. Sengaja datang pagi biar lebih cepat kelar urusannya. Di loket elektro, bu wiwiknya gak ada. Dan dari loket sebelah (lingkungan, red) ada suara "Ditunggu aja mbak. Bu wiwik sudah datang tapi lagi ada perlu sebentar"

Tunggu menunggu, bu wiwik datang juga. Tapi kok malah bertelepon ria. Suara itu lagi "Sini aja mbak"
Saya pun ke sebelah dan ditanya "Lingkungan ya sampeyan?"
"bukan bu, elektro"
"Jenenge sopo?"
"Apa bu?"
"Namanya sapa?" Dengan ketus
"Febry bu"

**Ugh, saya bilang APA itu bukan karena gak ngerti situ bilang apa, cuma suaranya situ tuh kecil banget tau gak?. Sebel memuncak karena diketusi. Gak bisa apa ngomong baik-baik. Dan juga, berarti ibu ini sebenarnya bisa aja melayani saya pas tadi bu wiwik gak ada. Kenapa saya disuruh tunggu sampai bu wiwik datang, buntut-buntutnya dia juga yang harus melayani saya. Kalo dari tadi kan saya gak perlu wasting time kayak gini**

"Masuk mbak" masih ketus
Saya pun masuk.
Pas sampai,...
"Itu"
Jalan saya bablas..
"Ini lho mbak" masih sangat ketus

** Heran, kenapa dia yang marah. Harusnya saya yang marah. Ngomong ITU yang pertama tadi tanpa nunjuk ke arah manapun, mana saya tahu. Jangan salahkan kalo saya bablas dong.**

Selesai tandatangan langsung aja saya ngeloyor bawa berita acara, tanpa lupa berterimakasih tapi tidak sesemangat di perpus tadi.
Untung saja pas di PR 1, rada lumayan. Bapak di situ ngomongnya enak, ngasi tau setelah ini kita ngapain dan kapan harus balik dengan lembut, ala pelayan masyarakat sejati.

Saya tuh emang rada-rada eneg dengan orang yang kerjanya melayani. Pernah saya berdebat dengan pegawai kelurahan Ambon pas ngurus KTP. Saya disuruh balik besok aja karena mereka mau istirahat padahal itu baru jam 10, belum waktunya istirahat. Terang aja saya tidak terima. Saya pernah adu mulut juga dengan pegawai rumah sakit yang seenaknya memperlakukan pasien. Saya gak terima, namanya di UGD harus segera diselesaikan. Nyawa tahu yang dihadapi.

Gak bisa diam pas ke kantor kelurahan Surabaya ngurus KK untuk pindah domisilinya tante dan karena ada sedikit kesalahan dan kami yang disuruh menanggung resikonya, kami gak terima dan tetap minta diusut siapa yang salah.
Mungkin karena capek, mbak itu bilang
"Percuma mbak. Diurusi juga kalo dibawa sampai kecamatan, orang kecamatan gak mau tahu"
Jelas, kami terganggu dengan kata itu
"Gak bisa gitu dong. Mereka gak bisa Gak Mau Tahu karena Mereka Harus Tahu. Mereka digaji untuk itu kok. Saya mau kok mbak temani mbak ke kecamatan ngurusnya. Biar saya yang ngomong ke pegawai kecamatan"
Pelayan masyarakat...begitukah mentalnya???

Di Kampus juga gitu, berkali-kali saya harus berdebat dengan orang Lab, orang jurusan, anak2 himpunan atau staf PR kalo ada yang gak beres di mata saya. Meskipun itu kecil buat mereka dan bisa dikompromikan dan buat saya itu prinsip, saya akan bicara, gak peduli kalau akhirnya saya harus lebih lama melakukannya dibanding orang lain yang bisa kompromi. Buat saya, kita punya harga ketika kita punya prinsip untuk kita perjuangkan dan kita mau memperjuangkannya. Dan kalau kita tidak punya skap, selalu bisa berkompromi bahkan pada hal-hal yang prinsip, kita bakal kehilangan diri kita. Untung aja di Lab dan Jurusan juga di himpunan, orangnya fair semua. Jadi meskipun saya selalu jadi konfrontir (di mata mereka), tapi tetap aja begitu kelar masalahnya, mereka balik lagi tulus sama saya dan sebaliknya. Gak ada yang disimpan.

Lain halnya kalo di PR, selalu mau menang sendiri. Rese. Jadinya kalo sudah urusan Lab PBL dengan PR 2, biasanya saya serahkan ke asisten yang lain atau malah ke Kepala Lab untuk ngurusi.

Menurut saya, segala yang berhubungan dnegan konsumen kayaknya harus sering-sering dikasih pelatihan gimana cara melayani masyarakat dengan baik. Ayo dong, pada yang bagus kerjanya. Amanah dan Profesional, Okay????

Wuah, sudah 1/2 12. Waktunya pulang. Saya harus jemput mbak lely, sepupu yang baru datang dari Ambon. Tadi malam pas telpon, katanya sudah gak sabar pengen ketemu saya. Pengen gendong saya kalo pingsan nanti. Ngeledek tuh maunya. Padahal saya kan sudah segar bugar. Makasih ya Allah, nikmatMU ini tiada tara bagiku.

2 comments:

  1. Asw.
    Hehehe.. senyum2 saya mbacanya Mbak :D

    Di masa depan, saya akan menjadi salah satu dari mereka, Mbak. Menjadi sama seperti kasus pertama yang Mbak ceritakan. Iya, saya juga akan bekerja di sebuah perpustakaan (entah perpustakaan mana). Tapi maksudnya menjadi sama itu cuma posisinya aja. Bukan cara melayaninya.

    Saya juga punya banyaaaaakk banget pengalaman mengecewakan dengan pelayanan, apalagi dengan petugas2 dari instansi pemerintah. Sampe2 heran sendiri, kok ya mereka bisa lupa kalau yang dilayani juga manusia? Kalo ngga ketus, pelayanannya semena-mena dan lelet. Benar2 menyebalkan.

    Tapi kan dengan adanya kita2 yang pernah jadi 'korban' kesemena2an mereka, kita jadi tahu perbedaannya. Dan Insya Allah, kedepannya kita tidak akan membiarkan orang lain merasakan apa yang pernah kita rasakan, terutama dari segi pelayanan itu.

    Begitu kan Mbak?

    Mereka cuma lupa, (atau sekarang malah menjadi tidak peduli sama sekali karena yang diutamakan bukan lagi idealisme dalam profesionalitas sebagai seorang abdi) bahwa terkadang, rasa lelah karena pengabdian itu akan terbayar oleh penghargaan yang diberikan atas apa yang telah kita lakukan.

    ReplyDelete
  2. Semoga bisa jadi pelayan masyarakat yang baik ya. Rada gemes nih...

    ReplyDelete